Profil Kota Medan

Admin Medan Tuntungan Minggu 29-07-2018 | 346 Views PROFIL KOTA MEDAN
Profil Kota Medan
Secara resmi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tk.II Medan menetapkan tanggal 1 Juli 1590 sebagai Hari Jadi Kota Medan dan mencabut Hari Ulang Tahun Kota Medan yang diperingati tanggal 1 April setiap tahunnya pada waktu-wak

Sejarah Kota Medan
Pada zaman dahulu Kota Medan ini dikenal dengan nama Tanah Deli dan keadaan tanahnya berawa-rawa kurang lebih seluas 4000 Ha. Beberapa sungai melintasi Kota Medan ini dan semuanya bermuara ke Selat Malaka. Sungai-sungai itu adalah Sei Deli, Sei Babura, Sei Sikambing, Sei Denai, Sei Putih, Sei Badra, Sei Belawan dan Sei Sulang Saling/Sei Kera.

Hari jadi Kota Medan
Hari jadi Kota Medan diperingati tiap tahun sejak tahun 1970 dan pada mulanya ditetapkan jatuh pada tanggal 1 April 1909. Tetapi tanggal ini mendapat bantahan yang cukup keras dari kalangan pers dan beberapa orang ahli sejarah karena itu, Walikota membentuk panitia sejarah hari jadi Kota Medan untuk melakukan penelitian dan penyelidikan.

Surat Keputusan Walikotamadya Kepala Daerah Kotamadya Medan No. 342 tanggal 25 Mei 1971 yang waktu itu dijabat oleh Drs. Sjoerkani dibentuklah Panitia Peneliti Hari Jadi Kota Medan. Duduk sebagai Ketua adalah Prof. Mahadi, SH, Sekretaris Syahruddin Siwan, MA, Anggotanya antara lain Ny. Mariam Darus, SH dan T.Luckman, SH.

Untuk lebih mengintensifkan kegiatan kepanitiaan ini dikeluarkan lagi Surat Keputusan Walikotamadya Kepala Daerah Kotamadya Medan No.618 tanggal 28 Oktober 1971 tentang Pembentukan Panitia Penyusun Sejarah Kota Medan dengan Ketuanya Prof.Mahadi, SH, Sekretaris Syahruddin Siwan, MA dan Anggotanya H. Mohammad Said, Dada Meuraxa, Letkol. Nas Sebayang, Nasir Tim Sutannaga, M.Solly Lubis, SH, Drs.Payung Bangun, MA dan R. Muslim Akbar.

DPRD Medan sepenuhnya mendukung kegiatan kepanitiaan ini sehingga merekapun membentuk Pansus yang diketuai M.A. Harahap, dengan Anggotanya antara lain Drs.M.Hasan Ginting, Ny. Djanius Djamin, SH, Badar Kamil, BA dan Mas Sutarjo.

Dengan berbagai persidangan dan perjalanan panjang menetapkan bahwa perkampungan yang didirikan oleh Guru Patimpus (nenek moyang Datuk hamparan Perak) tanggal 1 Juli 1590 diusulkan kepada Walikota Medan untuk dijadikan sebagai hari jadi Medan dalam bentuk perkampungan yang kemudian dibawa ke Sidang DPRD Tk.II Medan untuk disahkan. Berdasarkan Sidang DPRD tanggal 10 Januari 1973 ditetapkan bahwa usul tersebut dapat disempurnakan.

Sesuai dengan hal itu oleh Walikotamadya Kepala Daerah Tingkat II Medan mengeluarkan Surat Keputusan No.74 tanggal 14 Februari 1973 agar Panitia Penyusun Sejarah Kota Medan melanjutkan kegiatannya untuk mendapatkan hasil yang lebih sempurna. Berdasarkan perumusan yang dilakukan oleh Pansus Hari Jadi Kota Medan yang diketuai oleh M.A.Harahap bulan Maret 1975 bahwa tanggal 1 Juli 1590 merupakan hari jadi kota Medan dan sebagai landasannya adalah didirikannya Si Sepuluh Dua Kuta di Areal Medan.

Secara resmi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tk.II Medan menetapkan tanggal 1 Juli 1590 sebagai Hari Jadi Kota Medan dan mencabut Hari Ulang Tahun Kota Medan yang diperingati tanggal 1 April setiap tahunnya pada waktu-waktu sebelumnya.


Lambang Kota Medan

  1. Pengertian Lambang Kota Medan
    17 biji padi berarti tanggal 17 dari hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
    8 bunga kapas berati bulan 8 dari tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
    4 tiang dan 5 bahagian dari perisai berarti tahun 45 dari Proklamasi Indonesia.
    Satu bambu runcing yang terletak dibelakang perisai adalah lambang perjuangan Kemerdekaan Republik Indonesia, dan lima bahan-bahan pokok yang terpenting dihadapan bambu runcing berarti Kemakmuran serta Keadilan Sosial yang merata ada dihadapan kita.


    Bintang yang bersinar lima adalah Bintang Nasional yang berarti bahwa hidup penduduk Kota Medan khususnya dan Indonesia umumnya akan bersinar-sinar bahagia dan lepas dari kemiskinan dan kemelaratan.
    Lima sinar bintang berarti lima bahan pokok terpenting yang diekspor dari Kota Medan dan lima bahagian perisasi berarti Pancasila yang menjadi Dasar Negara Republik Indonesia.

  2.  Motto Kota Medan
    BEKERJA SAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA UNTUK KEMAJUAN DAN KEMAKMURAN MEDAN KOTA METROPOLITAN
  3. Lagu Mars Kota Medan
    Syair : Drs. H. Abdillah Ak, MBA ( Walikota Medan)
    Ciptaan : Drs. Hanas Hasibuan MAP / Johan Fathandy

    MEDAN KOTA KITA TERCINTA
    KINI TAMPAK LEBIH BERGAYA
    JALAN DAN TAMAN KOTA, RAPI BERSIH TERPELIHARA
    MASYARAKAT DAN PEMERINTAH KOTA
    BEKERJA SAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA
    LESTARIKAN MEDAN METROPOLITAN, DEMI KEMAJUAN BERSAMA...................

    BERSIH SEHAT TERTIB AMAN RAPI DAN INDAH
    WUJUD MEDAN KOTA KITA YANG RAMAH
    BERANEKA RAGAM BUDAYA PENDUDUKNYA
    PESONA BANGSA DI KHATULISTIWA

    KEMAJUAN KEMAKMURAN KOTA MEDAN
    AKAN JADI MILIK KITA SEMUA
    CERMIN DARI KEBERSAMAAN KITA....................

    REFF :
    BEKERJA SAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA
    DEMI KEMAJUAN RAKYAT DAN BANGSA
    BEKERJA SAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA
    DEMI KOTA KITA TERCINTA

    BEKERJA SAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA
    JAGA DAN AMANKAN KOTA TERCINTA
    KEBERSIHAN ITU BAGIAN DARI IMAN
    BAGI WARGA MEDAN KOTA METROPOLITAN

    SISKAMBLING POSYANDU SEBAGAI SYARAT UTAMA
    MENJAGA KESEHATAN SETIAP WARGA
    BEKERJASAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA
    DEMI KEMAKMURAN MEDAN TERCINTA


Prestasi dan Penghargaan

Tahun 2003-2006

  • Penghargaan Pembina K3 Tingkat Nasional 2006 oleh Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ir H. Erman Suparno
  • Penghargaan Citra Bhakti Abdi Negara 2006 oleh Mentri Pendayaan Aparatur Negara
  • PENGHARGAAN PARAMAKARYA PARAMA HUSADA 2006 oleh oleh Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi)
  • Penghargaan Ketahanan Pangan Tahun 2006 oleh Departemen Pertanian Badan Ketahanan Pangan.
  • Penghargaan SATYA LENCANA WIRA KARYA Tahun 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yidoyono.
  • PENGHARGAAN SATYA LENCANA MANGGALA KARYA KENCANA tahun 2006.
  • ANUGERAH ADIPURA 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
  • PIALA WAHANA TATA NUGRAHA Tahun 2005 oleh Menteri Perhubungan.
  • penghargaan Anugrah Pelestarian dari Unesco Asia Pasific Heritage Award for Merit 2003.
  • Inovasi Manajemen Perkotaan (IMP) Award Departemen Dalam Negeri (Depdagri) bidang pelayanan publik Tahun 2003.


Tahun 2011

  • 5 Des 2011 Penghargaan ICT Pura dari  Menteri Kominfo Tifatul Sembiring kepada Walikota Medan Rahudman Harahap alam mengelola teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
  • 15 Des 2011 Walikota Medan menerima penghargaan Program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/Aids dari Menakertrans Muhaimin Iskandar. Walikota Medan dinilai berhasil melakukan pembinaan terhadap perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Medan, dalam hal pencegahan dan penanggulangan HIV/Aids.


Tahun 2012

  • 25 April 2012 Kota Medan mendapat penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi yang diserahkan langsung kepada Walikota Medan di Hotel Bidakara, Jakarta.
  • Penghargaan itu diberikan atas keberhasilan Pemerintah Kota Medan dalam penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) 2011.
  • 5 Juni 2012 Presiden Republik Indonesia Soesilo Bambang Yoedhoyono  (SBY) memberi penghargaan Piala Adipura 2011-2012 kategori Kota Metropolitan untuk ibukota provinsi Sumatera Utara di Istana Negara Jalan Medan Merdeka  Timur, Jakarta.
  • 8  Jun 2012 Pemerintahan Kota (Pemko) Medan mendapatkan Penghargaan Peringkat elektrik Goverment Indonesia (PeGI) 2012 yang diraih Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Medan.
  • 13 Juni 2012 Menteri Perdagangan Gita Wirjawan memberikan perhargaan kepada Wakil Walikota Medan di Jakarta.  Penghargaan ini diberikan Menteri Perdagangan kepada Pemko Medan dikarenakan seluruh persoalan yang dialami konsumen di Kota Medan dapat diselesaikan dengan baik.
  • 6 Juli 2012 Walikota Medan bersama delapan Bupati/Walikota lainnya di Sumatera Utara mendapat penghargaan Government Award 2012  dari Sindo Media di Hotel Santika Premiere Dyandra.  Penghargaan ini diberikan langsung Menteri  Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Ir M Hatta Rajasa.
  • 03 Okt 2012 Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) Linda Gumelar memberikan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori Pratama kepada Walikota Medan di Jakarta.
  • 18 Okt 2012 Walikota Medan kembali mendapat penghargaan ICT Pura 2012 sebagai pemenang penghargaan Khusus Daerah yang giat menggalakkan ICT (Information, Communication and Technology). Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika  (Kominfo) Republik Indonesia Tifatul  Sembiring di Grand Ball Room Hotel Grand Aston Medan.
  • 23 Nov 2012 Tidak hanya penghargaan tingkat nasional, kini giliran penghargaan tingkat internasional berhasil diraih Walikota Medan, salah satu universitas terkemuka dan terkenal di Kota Bangkok, Thailand yakni Mahachulalongkorn Rajavidyalaya University memberikan penghargaan karena menilai Walikota Medan berhasil membina kerukunan umat beragama di Kota Medan.
  • 17 Des 2012 Walikota Medan menerima penghargaan Program Langit Biru 2012 kategori Kota Metropolitan dari Kementrian  Lingkungan Hidup (KLH) Republik Indonesia.


Tahun 2013

  • 30 April 2013 Walikota Medan menerima penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tingkat Kabupaten/Kota Nasional tahun 2013 dari Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar MSi  di Convention Hall Semesco Convention CenterJalan Gatot Subroto Kav 94 Jakarta.
  • 8 Mei 2013 Walikota Medan mendapatkan penghargaan yang diberikan oleh Bank Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia atas keberhasilan Kota Medan sebagai kota dengan pengelolaan inflasi terbaik di Pulau Sumatera. Penghargaan ini diberikan Wakil Presiden Republik Indonesia Boediono dalam Rapat Koordinasi Nasional IV Tim Pengendalian Inflasi  Daerah 2013 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta.
  • 12 Mei 2013 Walikota Medan Drs H Rahudman Harahap MM menerima pin emas dan piagam penghargaan dari Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sumatera Utara atas Perhatian dan Bantuan yang cukup besar kepada para jamaah Haji asal Kota Medan yang diberikan pada acara  Tabligh Akbar  Dzikir dan Doa di Lapangan Merdeka Medan.
  • 10 Jun 2013 Medan Sandingkan Piala Adipura, Kalpataru, dan Sekolah Adiwiyata Penghargaan ini di berikan atas keberhasilan Kota Medan dapat memotivasi masyarakatnya menjadikan Medan yang asri dan peduli terhadap lingkungan hidup dan dapat  mengubah Perilaku dan Pola Konsumsi Untuk Selamatkan Lingkungan Hidup .

 

Tahun 2014

  • Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Sutrisno menyerahkan Surat Keputusan (SK) Kenaikan        Pangkat IV/E kepada Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di Pendopo Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Sudirman, Medan, Senin (19/1/2015), dengan SK Kenaikan Pangkat No.00001/KEP/AA/21275/15    Tanggal 15 Januari 2015 ini, Kepala BKN didampingi Deputi Bidang Mutasi BKN S Kuspriyo Murdono dan Kepala Kantor Regional VI BKN Medan I Nyoman Arsa.Kenaikan pangkat ini diberikan sebagai bentuk prestasi dan dedikasi.
  • Menteri Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia Azwar Abubakar menyerahkan penghargaan kepada Pelaksana Tugas Walikota Medan T Dzulmi Eldin S atas keberhasilan Pemko Medan dalam peningkatan akuntabilitas kinerja berdasarkan hasil evaluasi Akuntabilitas Kinerja Pemerintahan (AKIP) yang telah dilakukan Kementerian PARB.Penghargaan ini diserahkan langsung Menpan-RB kepada Plt. Walikota Medan T DzulmiEldin di Gedung Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (29/1/2014).
  • Pelaksana Tugas Walikota Medan T Dzulmi Eldin S dianugerahi penghargaan Pangripta Nusantara Pratama Tahun 2014 dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Republik Indonesia/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Salsiah Alisjahbana di Hotel Bidakara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (29/4/2014). Penghargaan ini diberikan karena Pemko Medan dinilai sebagai daerah yang berhasil meraih prestasi dalam bidang penyusunan dokumen perencanaan pembangunan.
  • Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin kembali menerima penghargaan. Kali ini penghargaan diterima dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) RI atas keberhasilannya dalam melakukan pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) terhadap para pekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Medan.Penghargaan itu diberikan Menakertrans Muhaimin Iskandar kepada Plt Walikota Medan Dzulmi Eldin di Hotel Bidakara Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (26/5/2014).
  • Pelaksana Tugas Walikota Medan Dzulmi Eldin menerima Piala Adipura Kategori Kota Metropolitan dari Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Boediono di Sekretariat Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (5/6/2014).
  • Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  dianugerahi  Penghargaan Bhakti  Koperasi 2014 oleh  Menteri  Negera  Koperasi  dan Usaha  Kecil Menengah (Menkop dan UKM) Republik  Indonesia  Syarief Hasan, pada  acara puncak  peringatan Hari Koperasi  Nasional (Harkopnas)  ke-67 tahun 2014 yang  dipusatkan di Lapangan benteng Medan, Selasa (15/7).Pemberian penghargaan kepada orang nomor satu di Pemko Medan ini disaksikan langsung Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang hadir  didampingi Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono,  Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid,  Menteri Kabinet Indoneia Bersatu Jilid 2, Gubsu H Gatot Pujonugroho serta para insan koperasi dari seluruh Indonesia.
  • Menkopolhukam Djoko Suyanto didampingi Ketua Umbudsman RI Danang Girindrawardana menyerahkan piagam Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik  kepada Walikota Medan Dzulmi Eldin di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Sudirman, Jakarta, Jumat (18/7/2014).
  • Walikota Medan Dzulmi Eldin menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha kategori Lalu Lintas untuk Kota Metropolitan Tahun 2014 dari Presiden Republik Indonesia yang diserahkan Menteri Perhubungan Republik Indonesia EE Mangindaan di Gedung SMESCO Convention Centre, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (10/9/2014).Penghargaan ini diraih setelah Pemko Medan dinilai berhasil membangun dan mewujudkan budaya keamanan maupun keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, serta meningkatkan kinerja penyelenggaraan transportasi perkotaan.
  • Walikota Medan Dzulmi Eldin kembali menerima penghargaan bergengsi. penghargaan diberikan Menteri Keuangan (Menkeu) Republik Indonesia Chatib Basri di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jalan Senen Raya, Jumat malam (12/9/2014).Penghargaan ini diberikan karena Pemko Medan dinilai berhasil dalam menyusun  dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2013 dengan capaian standar tertinggi dalam akutansi dan pelaporan keuangan pemerintah.
  • Ketua Tim PKPD-PU Bidang Penataan Ruang Kementerian PU RI Rezeki Peranginangin didampingi  dewan juri menyerahkan sertifikat penghargaan shortlist atas keberhasilan Kota Medan masuk nominasi 5 besar kepada Wali Kota Medan Dzulmi Eldin di Restoran Jimbaran, Jalan Pattimura, Medan, Kamis (25/9/2014).
  • Universitas Prima Indonesia (Unpri) akan memberikan penghargaan kepada Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. Penghargaan ini diberikan karena orang nomor satu di Kota Medan tersebut, dinilai sebagai tokoh yang sangat peduli dengan masalah kesehatan dan pendidikan warganya, terutama dari  kalangan keluarga kurang mampu.Direncanakan, penghargaan tersebut akan diberikan pada  acara Unpri Fiesta, Ahad (20/10/2014).
  • Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menerima penghargaan Pekerjaan Umum Tahun 2014 Sub Bidang Bina Marga (Penyelenggaraan Jalan dan Jembatan) Kategori Kota di Jakarta. Penghargaan diserahkan langsung  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia M Basuki Hadimuljono,Jumat (5/12/2014),penghargaan ini diberikan karena Pemko Medan dinilai telah menunjukkan kinerjanya di bidang pekerjaan umum tahun 2014. Untuk Penghargaan Pekerjaan Umum Sub Bidang Cipta  Karya (Penyelenggara Jalan dan Jembatan) ini, Kota Medan menempati peringkat terbaik II .
  • Wali Kota Medan Dzulmi Eldin menerima plakat penghargaan dari Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong (PPS Betako) Merpati Putih di Tiara Convention Hall, Medan, Ahad (7/12/2014). Plakat penghargaan ini diberikan disela-sela pelantikan Pengurus Daerah Sumatera Utara PPS Betako Merpati Putih Periode 2014-2019.
  • Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri), Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan  kepada Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi di Puri Kencono Ball Room, Lor In Hotel , Solo, Jawa Tengah, Kamis malam (11/12’14). Penghargaan ini diberikan kepada orang nomor satu di Kota Medan ini karena dinilai memiliki prestasi dalam menggelorakan semangat otonomi daerah. Karena itulah Wali Kota dinilai sebagai salah satu Kepala Daerah Inovatif se-Indonesia.
  • Ketua DPD Partai Golkar Kota Medan M Syaf Lubis memberikan penghargaan kepada Wali Kota Medan Dzulmi Eldin.dalam rangka peringatan HUT ke-50 partai berlambang pohon beringin itu di Medan Club, Jalan RA Kartini, Medan, Senin (24/11/2014) malam.
  • After Care Medan akan memberikan penghargaan kepada Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. Penghargaan itu diberikan karena organisasi yang menjadi tempat berkumpulnya para alumni pusat rehabilitasi pecandu narkoba yang telah selesai menjalani rehabilitasi ini, menilai orang nomor satu di Kota Medan itu begitu peduli  dalam menangani masalah narkoba di Kota Medan,penghargaan itu akan diberikan  pada saat ulang tahun ke-2 After Care Medan pada Februari 2015.


Tahun 2016

  • Walikota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si kembali menerima penghargaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2016 dari Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Republik Indonesia, Muhammad Hanif Dhakiri di Hotel Bidakara Jalan Gatot Subroto Jakarta, Rabu (18/5/2016) malam.
  • Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima penghargaan dari Tabloid Otomotif . Penghargaan itu diberikan langsung Managing Editor Tabloid Oltomotif, Panji Maulana didampingi Rio Fajar Avinatara selaku Car dan Audio Editor bersama beberapa awak redaksi Tabloid Otomotif di rumah dinas Walikota Jalan Sudirman Medan,Di bawah kepemimpinan Eldin, Kota Medan dinilai berhasil dalam bidang olahraga dan komunitas otomotif. Dengan keberhasilan tersebut, ibukota Provinsi Sumatera Utara dianggap telah memberikan kontribusi untuk negeri terhadap dunia otomotif Indonesia,Selasa (2/8).
  • Walikota Medan, Drs H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si kembali meraih penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Inovatif 2016 dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tjahjo Kumulo di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (4/8/2016)
  • Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi menerima penghargaan produktivitas siddhakarya tahun 2016 dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubenur Sumatera Utara Ir Tengku Erry Nuradi MSi di Hotel Grand Kanaya, Kamis (6/10).
  • Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima penghargaan Predikat Kepatuhan Standar Pelayanan Publik Menurut UU 25/2009 dari lembaga negara pengawas publik, Ombudsman Republik Indonesia di Hotel Borobudur Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jakarta, Rabu (7/12). Penghargaan ini diberikan karena Pemko Medan  dinilai telah memenuhi memenuhi standard pelayanan di semua unit pelayanan.
  • Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi kembali mendapatkan anugerah penghargaan dan kali ini menerima Anugerah Pembina Umum Terbaik Karang Taruna tahun 2016, Anugerah tersebut diserahkan langsung Ketua Pengurus Karang Taruna Pusat Didik Mukrianto, di Hotel Horison Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (9/12) malam.


Tahun 2017

  • Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima penghargaan Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) Kategori Lalu Lintas untuk Kota Metropolitan dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ir Budi Karya Sumadi di Merlynn Park Hotel Jalan KH Hasyim Anzhari , Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (31/1).  Ini merupakan pengharaan yang keempat kalinya berturut-turut diraih Kota Medan sejak tahun 2013.
  • Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  Terima Penghargaan Government Award 2017 kategori  Kota Terbaik untuk bidang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan/BPJS Ketenagakerjaan oleh  Menteri  Dalam Negeri  Republik Indonesia, Tjahjo Kumulo diwakili Dirjen Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri,  Soni Sumarsono di Weekly di Flores Ballroom Hotel Borobudur Jakarta, Senin (3/4) malam.
  • Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si menerima Penghargaan sebagai Kota Inovatif Tahun 2017 pada acara rapat koordinasi nasional pengendalian inflasi ke-VIII Tahun 2017 di Jakarta, Kamis (27/7/2017).
  • Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S. MSi menerima penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi pada acara peringatan Haornas 2017 di Stadiun Muhammad Soebroto, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2017). Dzulmi Eldin menerima penghargaan sebagai salah satu kepala daerah terbaik sebagai penyelenggara Gowes Pesona Nusantara.
  • Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  berhasil menerima dua penghargaan dalam acara Indonesia Attractiveness Award (IAA) 2017 di Java Ballroom The Westin Jakarta Jalan HR Rasuna Said, Karet Kuningan, Jakarta, Jumat (29/9) malam. Kedua penghargaan tersebut diperoleh setelah Kota Medan dinyatakan keluar sebagai pemenang untuk kategori Kota Terbaik Indonesia 2017 dan Kota Terbaik Per Region Sumatera.
  • Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi menerima Penghargaan Natamukti,adalah penghargaan yg diberikan kepada Kabupaten/ Kota yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di masing-masing daerah. (Selasa,28/11/2017).
  • Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi menerima Penyerahan Award pada acara PLENARY SESSION “A New Way, A New Opportunity”On November 29th 2017 at Dhanapala Hall, Jakarta.
  • Panglima TNI Marsekal  TNI Hadi  Tjahjanto diwakili Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Mulyono bersama Kepala Staf Umum (Kasum) Laksmana Madya TNI Didit Herdiawan memberikan  penghargaan kepada Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, dalam acara Rapat Paripurna TMMD ke-38 Tahun Anggaran 2017 di Balai Sudirman, Jakarta,Selasa (12/12). Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan  dan bantuan yang diberikan  sehingga pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-99 Tahun Anggaran 2017 di wilayah Kodim 0201/BS berjalan dengan sukses dan lancar serta memberikan manfaat bagi masyarakat.
  • Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi menerima Penghargaan Kepemimpinan Adat dan Budaya Biro Sosio Budaya dan Warisan dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI Imam Nahrawi. Penghargaan ini diserahkan Menpora usai membuka Konvensyen Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) ke 18, yang di selenggarakan di Hotel, JW.Marriot Medan, Kamis (14/12) malam.
  • Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menerima Penghargaan Sahabat Pers Awards 2017 yang diberikan Serikat Perusahaan Pers (SPS) Cabang Sumatera Utara pada acara Awarding Night SPS, Senin (18/12) malam di Hotel Grand Aston Medan. Penghargaan ini diberikan Ketua Harian SPS Pusat Ahmad Johar bersama Ketua SPS Sumut Farianda Sinik kepada Wali Kota Medan yang diwakili Kadis Kominfo Noval Zain SSTP MAP.
  • Presiden Joko Widodo menganugrahkan Tanda kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial kepada  Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  yang diserahkan Menteri koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani didampingi Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa pada puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Lapangan Makodam V/Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (20/12). Anugrah ini diberikan karena Wali Kota dinilai berhasil dalam upaya pembangunan kesejahteraan sosial dan penanganan penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kota Medan.


Dikuti dari Halaman Pemkomedan.go.id

Related Posts

    Data belum tersedia

Agenda Kegiatan